Kamis, 04 Juni 2015

Reissued Themilo

Satu bulan lebih Records Store Day berlalu, Themilo merilis ulang Let Me Begin dalam bentuk vinyl dan cd. 



Bersyukurlah bagi yang telah memiliki vinyl Let Me Begin Themilo, dan juga CD-nya. Meski diwarnai telat jadwal rilis, namun si label perilis, Majemuk Records, bisa mewujudkan impian memiliki rilisan album perdana band shoegaze Bandung ini dalam bentuk berbeda selain kaset.

Saya sendiri alhamdulilah sudah dapat edisi vinyl dan cd. Plus tandatangan formasi awal di album tersebut, khususnya tandatangan Coro, si drummer yang dulu sempat menjadi personil Cherry Bombshell.

Menurut saya, seperti di artikel sebelumnya, album ini adalah album terbaik dari Themilo, bahkan dibanding dengan album Photograph. Kontur musik Themilo jauh lebih berwarna dan hidup, kita bisa dapatkan sisi fuzzy dan juga dreamy di album tersebut.  Rilisan berbeda dari album ini adalah hal terbaik bagi penggemarnya, seperti halnya ketika The Upstairs me-vinyl-kan album Matraman.

Rilisan ini memang tak sempurna seperti harapan dalam perjalanannya. Sempat diwarnai molornya jadwal rilis untuk vinyl, lalu juga kesalahan penempatan trek, dan juga kurang bagusnya kualitas audio di cd maupun di vinyl. Beberapa teman saya mengkritik soal kualitas audio yang terkesan 'mendem'.

Entah apa yang menjadi masalah sebenarnya, apakah dari kualitas masternya ataukah ada kesalahan dalam mastering dan mixing untuk dijadikan vinyl dan cd. Ekspetasi awal akhirnya harus menyesuaikan apa yang disajikan oleh rilisan tersebut.

Saya mencoba berpikir positif saja, apapun itu, rilisan berbeda Themilo ini tidaklah mengecewakan amat. Bahkan jika dibandingkan dengan rilisan vinyl Seringai dimana banyak juga yang kecewa dengan kualitas soundnya. Let Me Begin versi vinyl dan cd masih dianggap lebih baik. Itu juga kata teman saya.

Overall, rilisan terbaru Let Me Begin plus 4 trek lagu unreleased, menjadi rilisan yang penting untuk dimiliki. Penting karena menjadi awal musik shoegaze di negeri ini. Segeralah membeli rilisan ini, sebelum nanti para penimbun akan membuat mahal dan kamu akan kecewa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar