Senin, 31 Desember 2012

Gazing on Indonesia's Shoegaze Albums in 2012

Ditengah isu kiamat oleh bangsa Maya, skena shoegazing Indonesia masih bertahan dengan kewarasannya untuk meracik kebisingan yang apik didengar. Semakin atraktif dan colorful. Oh, Viva 2012!

Satu tahun enam bulan usia blog ini, dan sepanjang tahun 2012 seperti agak sedikit kalem oleh keriuhan rilisan fisik shoegazing dibandingkan tahun 2011. Beberapa band yang diharapkan bisa merilis materinya pada tahun 2012 seperti Whistler Post, Damascus, ataupun Ansaphone, sepertinya masih berkutat di dapur rekaman mereka masing-masing.

Beberapa band-band baru yang bisa terlacak dan dishare materinya, meski jumlahnya tak sebanyak dua tahun lalu. Beberapa acara musik masih minim, meski mungkin memang dasar frekuensi dan radar kami saja yang rada lemot.

Meski begitu, blog ini masih bisa meriset rilisan-rilisan fisik shoegaze lokal. Kriteria utama tentu haruslah shoegaze dan dreampop. Ada beberapa rilisan yang memadukan dengan sentuhan postrock, ada yang berhasil, ada juga yang tidak. Dan itu hal yang sulit. Tapi tentu ini adalah pandangan subjektif kami semata.

Dan di tahun 2012, kami mengagumi dua band yang berhasil merilis album yang begitu keren dan tak kalah dengan band luar. Eksplorasi musiknya lebih atraktif dan segar. Materi-materinya tentu saja pekat dan shoegazing dan dreamy, serta layak untuk dibeli.

Dan inilah mereka, sodara-sodara...

"Dan betul, Astrolab mulai menjelajah lebih liar. Jika sebelumnya, fragmentasi sound kental dari band-band dreampop seperti Blueboy ataupun Ocean Blue, kini musik mereka lebih dinamis dan kaya akan sonic sounds dari dreampop dan shoegaze." 


"Album ini siap memuaskan para pecandu hamparan nada-nada meruang, yang telah dirintis oleh TheMilo. Tetapi MVM punya cara mereka sendiri, dan album ini menyenangkan untuk dinikmati siapapun."
---------------------------------
cd dari kedua band ini bisa dibeli dengan mengontak laman facebook mereka, semoga tak kehabisan..

Sekilas rilisan album shoegaze lokal di 2011:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar