Selasa, 10 Januari 2012

Shoegazing on Peel Session

Sebuah program musik di radio BBC1, Peel Session menjadi acara legendaris yang dikenang sepanjang masa. Diasuh oleh John Peel, pemandu acara dengan selera musik eklektik, berjasa mengangkat pamor band-band shoegaze di era 90-an, tampil live di programnya. 


John Peel
Dari 1967 hingga 2004, selama 37 tahun pria yang ada di poto diatas mengayomi sebuah acara yang bernama Peel Session. Seorang broadcaster legendaris, bersuara hangat, bariton, dan santun setiap kali membawakan program acaranya, yang selalu ditunggu-tunggu oleh anak-anak muda dari gelombang radio FM.

Peel menjadi broadcaster pertama yang memutar lagu-lagu psikedelik dan progresif di daratan Inggris. Ia  berjasa mempromosikan band-band non mainstream yang ada di AS dan Eropa, dan benua lainnya; apapun itu bandnya, mulai dari pop, reggae, grindcore, grunge, hardcore punk, punk, alternative, dance musik, hip hop, hingga shoegaze.

The Electric Adolescent
Program acaranya dikenal selalu diselingi penampilan live dari band-band. Bisa dikatakan, Peel dan timnya piawai mengolah hasil sound dari penampilan band-band tersebut. Saya tak sengaja membuka Youtube, dan menemukan lagu Curve berjudul Superblaster dan Kitchen of Distinction berjudul Blue Pedal dari Peel Session, begitu apik dan atmosferik, untuk sekelas siaran live di radio era 90-an.

Begitu banyak band shoegaze di era 90-an pernah singgah di studio radio Peel. Ini baru secuil dari sekitar 2000 lebih musisi yang pernah direkam secara live oleh Peel selama masa baktinya. Saking hormatnya, Kevin Shields pernah berucap, 'John Peel was our universe'. Gitaris MBV ini bahkan rela berdiri diluar radio BBC selama 4 jam demi menunggu 'Peelie' -nickname Peel- keluar dari kantor radionya, di tahun 1985.

Peelie, the Ol' Man

Pada 25 October 2004, Peel wafat akibat serangan jantung, saat berusia 65 tahun. Pemakamannya dihadiri oleh ribuan pelayat, diramaikan oleh para musisi dari band-band yang pernah tampil diacaranya. Nisannya bertuliskan "Teenage dreams, so hard to beat", dari sebuah lirik lagu Teenage Kicks, dari The Undertones. Jutaan anak muda, begitu berutang banyak atas pria satu ini.

So, berikut dibawah ini, saya ingin berbagi link rekaman live dari beberapa band shoegaze 90-an yang tampil di Peel Session, selamat menikmati!

Moose at Peel Session 9/6/91

Boo Radleys at Peel Session 30/7/90
My Bloody Valentine at Peel Session 25/9/88
Ride at Peel Session 29/9/90
Curve at Peel Session 10/3/91 & 11/2/92

Tidak ada komentar:

Posting Komentar