Kamis, 08 September 2011

Shoegazer Geek: Ajie Gergaji

Judul artikel berseri ini hanya plesetan dari Guitargeek.com, sebuah situs gitaris populer yang menampilkan ulasan rigs effects atau perangkat efek dari gitaris dunia, mulai dari blues, hairy metal, hingga punk sekalipun. Nah, Shoegazer Geek ingin mengulas penjelajahan musikalitas dari para gitaris band shoegaze di Indonesia, dan gitaris yang berkenan berbagi ilmu secara perdana adalah Ajie Gergaji dari Themilo.

Ajie Gergajie
Sosok vokalis dan gitaris dari band Themilo ini bertanggung jawab pada karakter musik Themilo yang meruang dan berlapis. Mantan personil Cherry Bombshell yang juga penggemar Helmet ini baru saja merilis album kedua Themilo yang tertunda begitu lama, bertajuk Photograph. Dibawah ini, skema routing effects milik Ajie, baik di atas panggung maupun studio;

Fender Jaguar'62 --> Rocktron: Noise Suppressor --> Boss: compressor-sustainer --> Marshall: Shred Master --> Boss: Chorus --> Boss: Digital Delay --> Hughes & Kettner: Replex - Analog Delay with Tube --> Fender Twin Reverb / Vox AC30 / Roland Jazz Chorus Amplification.

 Talking about Noises

Berikut interviu singkat bersama Ajie Gergaji tentang proses kreatif olah sounds, pilihan antara analog dan digital, serta kenangan efek pertamanya saat masih di Cherry Bombshell.

1. Apakah ada perbedaan rig effect ketika di album pertama dan kedua Themilo? Kalo iya, seperti apa?
Ada perbedaan. album pertama blom pake Hughes & Kettner: Replex.

2. Marshall Shred Master, ada alasan tertentu memakainya ketimbang efek distorsi lainnya?
Sebelum efek ini dulu saya pake Boss Metal Zone, Distortion dan distorsi dari KORG AX30G multiple fx. Marshall Shred Master bagi saya memiliki overdrive yang nyaman di telinga, mudah pengaturannya dan yang terpenting adalah berkarakter.

3. Ketika masih di Cherry Bombshell, rig effect-nya seperti apa sih?
Serius mau tau rig fx saat di cherbomb? banyak banget! :p --> KORG AX30G Digital Multiple Effect.

4. Proses kreatif olah sound effect menurut elo seharusnya bagaimana? Apa kita harus berburu efek-efek high-end?
Umumnya membaca dari beberapa referensi bacaan utk mendptkan efek yang diinginkan. Tapi bagi saya tidak demikian pada awalnya. Proses kreatif mungkin berbeda pada setiap orang. Kebetulan saya itu lebih MEMANFAATKAN SESUATU YANG ADA/DIMILIKI untuk mendapatkan sesuatu yg saya inginkan. KORG AX30G adalah efek pertama yang saya siksa setiap hari sampai pada akhirnya saya benar-benar paham. Dan pada akhirnya membandingkan antara sistem efek Digital dan Analog untuk memahami kelebihan dan kekurangannya. Saya beralih ke efek Analog dikarenakan saya nyaman dengan itu semua.

5. Ada kabar Themilo bersiap bikin album baru lagi? Kalau iya, apa ada kejutan terbaru (semoga tidak sampai 7 tahun lg)?
Themilo sedang proses pembuatan album ketiga.kejutan? Simak aja pada waktunya nanti :)

 -----

Check out his music and songs with Themilo at http://themiloband.com/ 
or his solo-materials at http://www.myspace.com/ajiegergaji 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar